PENGURUSAN AK3U dan K3

Apa itu Ahli K3 Umum?

Ahli K3 Umum (AK3U) ialah tenaga teknis berkeahlian khusus dari luar Departemen Tenaga Kerja yang ditunjuk oleh Menteri Tenaga Kerja untuk mengawasi ditaatinya UU Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja (sumber). Sehingga dapat mengurangi resiko kecelakaan kerja, insiden dan/ atau penyakit di dalam pekerjaan.

Ahli K3 Umum ditunjuk pada tempat kerja dengan kriteria tertentu dan pada perusahaan yang memberikan jasa di bidang keselamatan dan kesehatan kerja. Jika suatu perusahaan tidak masuk kriteria tertentu di mana diberlakukan ketentuan K3, maka perusahaan tersebut tidak wajib mempunyai Ahli K3 Umum. Artinya, tidak semua perusahaan wajib memiliki Ahli K3 Umum.

Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) memberikan program sertifikasi atau pelatihan Ahli K3 Umum. Tujuannya yaitu  untuk mempersiapkan Ahli K3 di setiap perusahaan agar dapat membantu mengembangkan K3 di perusahaan tersebut.

Kesimpulannya yaitu,  pelatihan Ahli K3 Umum merupakan suatu bentuk seleksi, penilaian atau pelatihan khusus bagi seseorang yang berkeinginan menjadi Ahli K3. Dimana ketika nanti sudah lolos seleksi mereka akan mendapatkan sertifikasi. Dan selanjutnya mereka yang sudah bersertifikat memiliki  wewenang untuk menjadi Ahli K3 di tempat kerjanya.

Keuntungan Mengikuti Pelatihan AK3U – Di dalam Pasal 2 ayat (2) UU Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja dijelaskan kriteria – kriteria perusahaan yang wajib menerapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (sumber), oleh karena itu perusahaan yang memenuhi kriteria tersebut wajib memiliki seorang Ahli K3.

Di dalam Pasal 3 Permenaker No. PER.02/MEN/1992 (sumber) terdapat syarat – syarat yang harus dipenuhi jika ingin menjadi Ahli K3, salah satu nya adalah lulus seleksi dan penilaian dari tim penilai, dimana syarat tersebut dapat dipenuhi dengan mengikuti pelatihan Ahli K3 Umum (AK3U). Karena pelatihan AK3U adalah suatu bentuk seleksi, penilaian atau pelatihan khusus bagi seseorang yang berkeinginan menjadi ahli K3. Dimana ketika nanti sudah lolos seleksi mereka akan mendapatkan sertifikasi. Dan selanjutnya mereka yang sudah bersertifikat memiliki  wewenang untuk menjadi Ahli K3 di tempat kerjanya. Hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi yang mengikuti pelatihan AK3U.

Keuntungan lainnya jika mengikuti pelatihan Ahli K3 Umum (AK3U):

  1. Dapat Melaksanakan Pembinaan Operasional K3

Manfaat mengikuti pelatihan ahli K3 umum yang pertama adalah agar peserta mampu dan dapat melaksanakan pembinaan operasional K3. Baik di perusahaan maupun instansi terkait tempat bekerja.

  1. Memiliki Sertifikasi K3 yang Bermanfaat di Bidang Finansial

Ketika seseorang mengikuti pelatihan ahli K3 umum makan mereka akan diberikan sertifikat K3. Dimana sertifikat tersebut akan sangat bermanfaat di bidang finansial, sehingga standar gaji ahli K3 umum tidak dapat diragukan lagi. Bahkan profesi ini bisa dibilang sangat menjanjikan hingga beberapa puluh tahun ke depan.

  1. Menunjang Promosi Jabatan di Perusahaan

Hampir semua perusahaan membutuhkan karyawan yang memiliki sertifikasi K3. Maka dari itu mengikuti pelatihan ini sangatlah penting, karena dapat menunjang promosi jabatan di sebuah perusahaan. Tidak hanya itu, kita juga akan dengan mudah mendapatkan pengalaman berbeda di perusahaan yang baru.

  1. Dapat Memahami Situasi di Lingkungan Kerja

Dengan adanya pelatihan ahli K3 umum maka peserta akan dengan mudah memahami situasi yang terjadi di lingkungan kerja mereka. Tidak hanya itu, mereka juga akan sangat mudah mencari faktor penyebab, cara mengatasinya hingga tindakan pencegahan agar tidak terulang kembali.

  1. Mengurangi Angka Kecelakaan dan Penyakit Akibat Kerja

Manfaat nyata dari sebuah pelatihan K3 umum adalah untuk mengurangi angka kecelakaan dan penyakit yang terjadi akibat kerja. Tidak hanya itu, pelatihan ini juga dapat meningkatkan performa karyawan, sehingga terjamin keselamatan serta kesehatannya dalam bekerja.

  1. Meningkatkan Citra Positif Bagi Perusahaan

Memiliki sertifikat K3 umum memang tidak akan merugikan. Bahkan bagi perusahaan atau instansi akan lebih meningkatkan citra positif di mata klien, pemerintah, vendor dan masyarakat.

  1. Memberikan Kepercayaan Kepada Mitra Kerja Perusahaan

Tidak hanya akan meningkatkan citra positif bagi perusahaan saja, dengan pelatihan K3 ini juga akan memberikan kepercayaan penuh kepada mitra kerja. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya rasa aman para mitra kerja perusahaan karena tidak adanya hambatan, insiden maupun kerugian yang terjadi dalam perusahaan.

AK3U – Ahki K3 Umum adalah Sertifikasi yang dipersyaratkan ketika sebuah perusahaan Mengikuti proses / Pengurusan SMK3 KEMENAKER ( Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja Kementrian Tenaga Kerja ). Penyelenggara Sertifikasi ini adalah perusahaan PJK3 yang terakreditasi di Kementerian Tenaga Kerja.

Kami membantu tim staff perusahaan untuk mengikuti Sertifikasi AK3U dan K3. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi

  • Pendidikan Minimal D3
  • Mendapatkan wewenang dari Perusahaan
  • Bersedia mengikuti pelatihan dalam waktu yang sudah ditetapkan

Info lebih lanjut untuk AK3U dan K3 Training bisa menghubungi

CALL / WA : 0822 348 60 166 – Email : info.mmpindonesia@gmail.com